Senin, 16 Maret 2009

I DON'T CARE ABOUT SARA

Gw baru tahu ternyata ariel punya darah minang, n itu gw kasih tahu ma temen gw yang ngefans sama ariel.. gw sms dy: “Bob, ternyata ariel tuh orang padang ya”. Eh, dy malah ga percaya n bilang bukan padang tapi medan. Gw bales nyokap aril tuh yang asli minang…entah kenapa temen gw tuh langsung bales “I DON’T CARE ABOUT SARA”.
Sara apaan nih???? Emang salah ya gw bilang tentang Minang bukan medan gituu???? Eh, akhirnya kami malah debat berkepanjangan gara2 masalah sara itu…perasaan, waktu gw kasih tahu kalau salah satu personel LYLA band berasal dari pekanbaru, dia ngga lebay kayak gini deh.

Huff..gw jadi kepikiran apa seh bawa sara segala. Temen gw tuh bilang gw SARA karena gw beda2in orang…WHATS!!!!! Gw ngga ngerti, benar2 ga ngerti…
SARA buat gw bukan masalah maen2, itu sudah menjadi masalah sedunia.. masalah agama lah, rasialisme dan suku yang ngga pernah berhenti. Bukan hanya Indonesia aja, orang2 didunia sana juga sering beda2in warna kulit atau daerah asal. Zidane, thuram, drogba, henry atw presiden amerika sendiri pernah mengalaminya.

Gw rada kesel juga dibilangin SARA, kayaknya gimana gitu….!!!well, apa salah kalau ternyata seorang ariel itu punya daerah minang padahal selama ini gw ngga ngelihat sosok orang minang apad diri yang lebih kental malah sundanya…. N apa salah gw bangga sama dia karena dia ternyata mempunyai darah minang???? Apakah hal itu membuat gw bisa dikatakan SARA???
Bukannya ALLAH memang menciptakan kita berbeda2 dari beribu2 suku…Ngga ada salah dari perbedaan itukan, tapi apabila kita mempunyai satu persamaan dengan seseorang bukan itu malah membuat kita semakin dekat????

Kata orang neh…. Kepribadian seseorang bisa dilihat dari daerah asalnya. Orang sumatera (khusus aceh, batak, minang) dan sulawesi, maluku Indonesia bagian timur adalah orang yang mempunyai watak yang keras.
Sedangkan orang jawa, sunda, dan melayu adalah orang yang berwatak lembut…
Kalau menurut gw seh ngga semua orang kok kayak gitu. Tergantung pribadi masing2 kali ya!!!. Yang jelas silsilah seseoranmg emamng penting tapi yang lebih penting adalah apa yang dibikin orang itu terhadap orang lain…(yeee malah ga nyambung neh)

Gw, Kakak n bokap sering kasih komentar tentang suatu masalah. Ketika kasus pembagian zakat yang membuat banyak orang meninggal…kakak gw komen,
“ya ampun orang jawa neh, Cuma buat uang 30 ribu aja mereka mau desak2an kayak gitu. Kalau orang kita mana mau kayak gitu.”

Dan sekarang ada kasus ponari, bokap gw langsung geleng2 kepala melihat banyaknya orang yang ngantri demi sebuah batu, “ini sapa yang bodoh atau memang nereka semua pada sirik…benar2 orang jawa nih,”

Gw sempet nyeletuk, “ kata sapa orang jawa itu bodoh2, lihat presiden kita semuanya orang jawa, mentri juga banyak yang orang jawa, sedikit yang orang minang. kalau ada capres yang asal minang, bakal ri pilih deh!!! lihat AMRIK yang ngga beda2in orang lagi. Kapan lagi orang diluar jawa bisa maju. Selama neh orang jawa mulu yang dikasih kesempatan.”

Kakak gw langsung protes, Bung hatta darimana???? JK bukannya urang sumando minang????

Gw baru inget Bung hatta itu putra asli minang. Dalam sejarah bung hatta mengundurkan diri dari wapres karena bertentangan dengan bung karno yang menjalankan pemerintahan kwe arah komunis…emang bener orang minang berwatak keras bung hatta aja yang kelihatan lembut, ternyata keras di dalamnya.. mungkin karena itu orang minang ini banyak orang minang itu pergi merantau mencoba peruntungannya di daerah lain.

Well, dengan keberanian yang dimilikinya wajar aja orang2 minang itu ada diberbagai wilayah bahkan sampai ke luar negri. Tapi yang gw tahu, yang namanya orang minang punya persatuan dan rasa persaudaraan yang kuat antar sesama mereka walaupun mereka berada jauh dari kampung halaman…

so, meski apapun jeleknya orang minang gw bangga lahir dan besar di padang meski kota ini ngga semaju ibukota provinsi lain di sumatera, meski sering terjadi gempa atau diprediksikan akan mengalami tsunami..GW NGGA PEDULI!!!! Karena menurut gw kota ini mempunyai pemandangan alam dan laut yang mungkin belum gw lihat ditempat lain (itu karena gw ngga pernah lihat ke t4 lain aja kali…khehek)

Gw bangga sama Bung Hatta, Buya Hamka, M Yamin, M Natsir, Agus Salim, Sutan Syahrir, Emil Salim, Azwar Anas, Abdul Latief, dll (gw belom sempat ngedata..)
gw juga salut sama BCL(yang mau pake sunting seberat 2 kg, padahal sekarang sunting dibikin lebih ringan deh!!), Vino G Bastian, Fedi Nuril, Yogi finanda(gw baca disalah satu tabloid mereka menyebut diri mereka bertiga sebagai trio minang), shireen sungkar dan Samantha beeson(di ceriwis sempat2nya pake bahasa minang walau artinya jorok) dude harlino, nirina zubir, ernest coklet, olga, indra bekti, dll artis yang ngerasa orang minang….n tentu juga ariel ^_^

so, perbedaan itu memang selalu ada tapi bukan untuk diperdebatkan, yang pasti persamaanlah yang bikin kita merasa dekat dengan seseorang… NO SARA!!!! Mau sara azhari , sara Amelia, ataw Natalie sara kek…..

Tidak ada komentar: